Mengamankan Koneksi Nirkabel di area HOTSPOT

Layaknya bepergian ke tempat yang jauh, menjelajahi dunia maya via akses nirkabel di hotspot membutuhkan pengamanan. Tujuannya agar perjalanan yang dilakukan bisa berlangsung aman dan nyaman.

Kenyamanan dan keamanan diperlukan agar Anda bisa mengunjungi aneka situs Web dan beraktivitas di dalamnya secara leluasa. Meskipun perjalanan ke dunia maya via akses nirkabel tidak akan membahayakan hidup Anda, ancaman yang dikandungnya masih berpotensi melahirkan masalah bagi komputer dan data yang tersimpan di dalamnya.

Ini karena koneksi nirkabel menggunakan frekuensi yang merambat di udara. Akibatnya, semua orang yang memiliki perangkat nirkabel bisa mencoba terhubung ke jaringan nirkabel, atau setidaknya mencoba “menyusup” ke dalamnya. Ini akan diperparah lagi jika hotspot yang kita akses hanya memberikan setting sekuriti minimal, misalnya tanpa menggunakan validasi berupa username dan password.
Bagaimana mengamankan koneksi nirkabel kita saat mengakses sebuah hotspot agar terhindar dari masalah? Tenang. Sebenarnya ancaman ini dapat dicegah dengan menerapkan beberapa langkah praktis. Yang penting, kita selalu disiplin melakukan pengamanan ini manakala sedang mengakses Internet di berbagai tempat umum. Ingin tahu apa saja yang harus dilakukan untuk mengamankan perjalanan nirkabel Anda? Cobalah menerapkan tip praktis ini.

Hindari mengirim informasi penting
Camkanlah bahwa segala yang Anda ketik atau segala info yang tampil pada layar komputer Anda saat mengakses jaringan nirkabel dapat dilihat juga oleh orang lain. Hal ini khususnya terjadi jika koneksi yang dilangsungkan dalam hotspot tidak memiliki pengaman apa pun. Jadi, jika Anda bisa terkoneksi ke sebuah hotspot dengan mudah tanpa harus memasukkan password, username, atau protokol sekuriti tertentu, ingatlah untuk selalu waspada.

Jika berada dalam situasi seperti itu, ada baiknya jika Anda tidak melakukan aneka transaksi online yang memunculkan aneka informasi penting. Informasi penting apakah gerangan yang mungkin bisa dicuri? Banyak. Beberapa di antaranya adalah username dan password e-mail, atau nomor kartu kredit.

Pastikan untuk mengakses protokol HTTPS

Seandainya terpaksa melakukan transaksi online dalam jaringan nirkabel, pastikan bahwa situs Web yang dikunjungi telah memiliki pengaman berupa koneksi https. HTTPS (Hypertext Transfer Protocol over Secure Socket Layer atau HTTP over SSL) merupakan protokol Web yang akan menyandikan (atau menguraikan) setiap informasi yang dikirim ke atau didatangkan dari server Web. Dengan menggunakan pengaman semacam ini, setiap informasi penting akan mengalami proses penyandian (enkripsi) sebelum dikirim ke server atau ke klien. Selama Anda bertransaksi dalam lingkungan https, setiap informasi akan diproteksi.

Namun berhati-hatilah karena pada beberapa kasus, protokol https hanya dijalankan pada saat Anda login ke situs Web. Pada saat proses validasi selesai dilakukan dan kita memasuki situs Web tersebut, protokol yang dipakai biasanya kembali ke http (hypertext transfer protocol). Hal ini biasanya terjadi saat kita mengakses e-mail via Webmail. Karena itu, ada baiknya jika kita tidak membaca atau mengirim aneka e-mail dengan informasi penting saat berada dalam kondisi semacam itu.

Pasang firewall dan antivirus

Jangan lupa untuk memasang antivirus dan firewall personal dalam komputer Anda. Dengan kedua benteng tersebut, setiap paket yang masuk atau keluar dari dan ke komputer Anda akan mengalami proses pendeteksian terlebih dulu. Dengan demikian, setiap kuda troya yang berpotensi menembus komputer Anda akan bisa dicegah.

Hindari Pengintip di Sekitar Anda

Jika mengakses internet dari hotspot di kafe atau tempat umum lain, Anda akan dikelilingi oleh berbagai macam orang dengan berbagai sifat dan kepentingan. Ada yang baik dan tidak berniat buruk, tetapi banyak juga yang jahat dan berniat tidak baik. Orang-orang dengan tipe kedua ini patut diwaspadai. Mereka bisa mengintip secara fisik untuk menyadap informasi apapun yang Anda ketikkan.

Mirip para pengintip di belakang punggung saat Anda mengakses ATM bank, mereka bisa mendapatkan aneka informasi penting jika kita tidak waspada. Karena itu, pastikan bahwa setiap informasi yang diketikkan tidak mudah dilihat orang dari meja belakang Anda, atau dari samping kanan dan kiri Anda.

Sumber : Majalah Info Komputer



%d blogger menyukai ini: