Layanan Voice akan Mendominasi Musim Mudik 2008

Jakarta – Penurunan tarif di industri seluler rupanya mempunyai dampak yang cukup besar terhadap kebiasaan konsumen. Pesan singkat (SMS) diprediksi bakal tersaingi layanan suara (voice) untuk menjadi pilihan utama selama lebaran.

Setidaknya itulah prediksi dari Direktur Marketing Indosat Guntur Siboro di sela peluncuran program ‘Sensasi Mudik Punya Indosat’ di Senayan – Jakarta – Rabu (20/8/2008).

Guntur mengatakan, mudik tahun ini terasa berbeda karena tarif layanan voice menjadi jauh lebih murah. Akibatnya permintaan layanan suara pun akan lebih meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. 

“Bisa saja trafik SMS di tahun ini turun ketimbang tahun lalu. Tapi bukan berarti jumlahnya menjadi sedikit, tetapi pertumbuhannya yang mungkin tidak sebesar tahun lalu,” ujarnya.

Pun demikian, lanjut Guntur, bukan berarti pula Indosat tak punya persiapan memperkuat jaringan SMS untuk menghadapi musim mudik 2008. “Kami telah mempersiapkan kapasitas SMS 2,5 kali lipat dibanding di hari biasa,” tukasnya 

Sementara untuk peningkatan kapasitas jaringan voice, imbuh Guntur, telah dipersiapkan sejak lebih dini. Mengingat penurunan tarif yang terjadi beberapa waktu lalu secara otomatis membuat lonjakan terhadap trafik voice hingga 7 kali lipat dari biasanya.

Jika sebelum tarif diturunkan trafik layanan voice Indosat mencapai 200 juta miliar menit per hari, maka setelah tarif diturunkan trafiknya melonjak hingga 1,4 milar menit per hari. “Dan menjelang hari H biasanya akan meningkat 10-20%,” tandasnya.

Sumber : detik.com



%d blogger menyukai ini: