Bisnis RT/RW-Net, Ini ada bisnis prospektif kecil-kecilan untuk tahun 2009, pelajari dulu bisnisnya siapa tahu anda berminat terjun ke bisnis ini. Resikonya paling2 jatuh dari genting rumah atau dari tower wakakaka…, tapi hasilnya lumayan buat beli rokok, jajan, nyicil motor, mbayar utang dll D Lanjuuut… 

 

Well…, sebelum dilanjut mari kita bayangkan dulu kalo Internet itu ibarat lautan samudra yang luas…, jangan mbayangin maria ozawa yah…D gak bakalan nyambung/konek kalo kon..k iya wekekeke… oke sudah…sudah… sekarang anda bayangkan air dari samudra tadi anda salurkan lewat selang…, nah ukuran selang itu ada yang 64kbps, 128kbps, 256kbps, 384kbps, 512kbps, 1Mega, 2Mega dan seterusnya. Nah yang kita bakal bisniskan ya jualan masangin selang tadi ke rumah-rumah (kira-kira begitu yah..) Gimana kalo selang disini kita ganti aja dengan nama misalnya bandwidth biar kedengeran canggih woke…!

speedyNah…, kita critanya mau pake spidi opis (insert : maaf salah upload gambar… habis sama2 namanya speedy…) sekarang kita bayangin lagi misal speedy office lebar selangnya/benwit & dilewati air up to 384kbps, kalo up to artinya selang/benwit ukuran 384kbps tadi gak ke rumah kita aja tapi di bagi sama misal 5 tetangga yang ambil paket up to 384kbps juga… jadi kalo 5 tetangga kita brosing atawa donlot ya air yg lewat ke jalur rumah kita gak nyampek 384kbps…(kira-kira begitu yah)… nah kalo 5 tetangga nggak pake atau keran airnya dimatiin baru deh kita dapat 384kbps penuh…nah itu model up to, adalagi yang model dedicated 1: 1 jadi anda beli benwit 128kbps ya dapetnya 128kbps gak dibagi sama yang lain, … gimana masih bingung ya? sama kalo itu saya sendiri nulis ini juga bingung wekekeke…

RT/RW-Net YagiBolicOpo sih RT/RW-Net kui…? RT/RW-Net adalah suatu konsep jaringan komputer swadaya masyarakat dalam ruang lingkup RT/RW. Konsep RT/RW-Net ini sebenarnya mirip dengan konsep WARNET, akses ke Internet di share menggunakan konfigurasi LAN melalui peralatan hub/switch. Hanya saja kabel LAN yang digunakan tidak di batasi hanya sebatas ruangan WARNET, tapi di buat menembus tembok rumah, masuk got atau menyebrang menuju ke rumah tetangga atau kampung sebrang.

kabelrj45Media yang digunakan bisa lewat kabel atau Wireless 2.4 Ghz dan Hotspot sebagai sarana komunikasi rakyat yang bebas dari undang-undang dan birokrasi pemerintah (jadi cukup minta doa restu pak RW sama pak RT aja). Jika lokasi yang akan di bangun letaknya cukup dekat sebaiknya menggunakan kabel karena hal itu akan meringankan dari segi finansial. Kalo jauh pake bis aja eh wirelless.

Jaringan RT/RW Net memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan akses Internet yang mudah dan murah dengan cara swadaya sehingga masyarakat dapat menikmati akses internet 24/hari dan 7 hari/minggu tanpa menggunakan pulsa telpon, tanpa batasan time base dan volume base. 

Well… mari kita ambil contoh dengan menyewa komputer di Warnet Rp.2.500 /jam. Misalkan kita menyewa selama 3 jam perhari maka biaya yang akan kita keluarkan selama sebulan adalah Rp. 225.000. Bandingkan dengan RT/RW net ini dengan asumsi kita berlangganan Speedy Office untuk besaran bandwith up to 384 Kbps yang harganya Rp. 750.000 (belum termasuk Abonemen telpon & abonemen speedy, Ppn telpon & ppn speedy, Meterai telpon & materai speedy, denda telpon denda speedy dll 😀 ) total sekitar 850 ribuan lebih perbulan. Well… jika jumlah warga yang bergabung misalkan 10 orang maka sebulan warga hanya akan membayar kurang lebih 85.000. Apalagi kalo dijual Rp250rb up to 384 Kbps dikasih proxi buat 15 client personal juga masih mak-nyus. Biaya tersebut termasuk sangat murah karena pelanggan akan bebas menggunakan internet selama 24 jam sehari selama sebulan penuh. (misal bro…)

Tujuan lain dari RT/RW Net ini adalah membuat semacam Intranet yang berisi berbagai macam informasi tentang kegiatan yang ada di lingkungan sekitar. Dengan tersambungnya rumah-rumah ke jaringan Internet secara terus-menerus dan tidak terputus, maka bisnis internet diharapkan akan semakin marak termasuk pemanfaatan internet untuk pembayaran tagihan telpon, listrik, cek Saldo Bank , pesan tiket Pesawat dll.

gateway

Biaya investasi awal hanya dikeluarkan sekali yakni untuk membangun infrastruktur. Sedangkan biaya iuran bulanan dan biaya operator akan dikeluarkan setiap bulan untuk membayar ke penyedia internet dimana besarannya akan tergantung dari besar bandwidth atau kapasitas saluran yang akan disewa. Besaran biaya untuk iuran bulanan ini juga tergantung dari banyaknya pelanggan yang tergabung. Untuk koneksi Internet direncanakan akan menggunakan jasa layanan Telkom yakni Speedy walau tidak stabil dan sering down dan lambat (saya pernah ngalamin matot 1 minggu) tapi masih lumayan lah…D (jer basuki mowo beyo atau ono rego ono rupo).

Untuk memulai proyek RT/RW Net harus ada tempat yang akan dijadikan sebagai NOC (Network Operation Center) atau BTS RT/RW-Net yakni tempat untuk mengelola system jaringan atau tempat akan diletakannya server perangkat modem, manageman bandwidth, Billing Server, Access Point dan Switch dan juga sebagai tempat untuk mendistribusikan koneksi internet keseluruh pelanggan/rumah setiap anggota.

topologi-rtrwnet-spidol

Untuk mendistribusikan koneksi internet keseluruh pelanggan maka ada dua cara yang umumnya ditempuh yakni dengan menggunakan sistem kabel (UTP) dan sistem Wireless (Gelombang Radio). Dengan berbagai pertimbangan termasuk letak rumah para pelanggan yang tersebar maka sistem kabel tidak akan efisien jika harus menarik satu kabel kesetiap pelanggan/rumah karena jarak serta kontur tanah yang tidak rata. Dengan pertimbangan efesiensi dan efektifitas termasuk kemudahan maintenance maka sebaiknya menggunakan Wireless ketika akan mendistribusikan koneksi internet kesetiap rumah termasuk pembentukan sistem jaringan komputer atau Local Area Network (LAN).

Peralatan yang dibutuhkan (client/pelanggan)
Setiap warga yang ingin bergabung dalam komunitas RT/RW-net ini maka peralatan yang dibutuhkan adalah :
– PC Desktop/Notebook
– LanCard
– Kabel UTP
– Konektor RJ45
– Antena YagiBolic atau WajanBolic
– Pokoknya disesuaikan dengan hasil survey aja kalo dekat pake kabel kalo agak jauh pake motor eh wirelless.

Perkiraan Biaya Pembangunan RT/RW-Net
Tempat yang menjadi NOC akan dibangun sebuah tower/antena dengan ketinggian sekitar 24 meter (saya membayangkan membangun BTS-nya di Perumnas Mojosongo Solo) sehingga bisa menjangkau seluruh perumahan. Dari tower ini akan dipasang sebuah antena pemancar dan Access Point sehingga frekuensi radio atau sinyal dapat ditangkap oleh semua pelanggan.

Perkiraan kebutuhan dana untuk memenuhi kebutuhan pendirian RT/RW-Net adalah sbb :
Peralatan standar yang di butuhkan di sisi NOC adalah sebagai berikut : (harga cuma kira2 aja lho…!)

1. Access Point 2.4Ghz (Rp. 1.500.000)

3220 (kalo mau istimewa pake MikroTik) -> rb600

Access Point berfungsi sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel para client/tetangga anda, di access point inilah koneksi internet dari tempat anda dipancarkan atau dikirim melalui gelombang radio, ukuran kekuatan sinyal juga mempengaruhi area coverage yang akan dijangkau, semakin tinggi kekuatan sinyal (ukurannya dalam satuan dBm atau mW) semakin luas jangkauannya. (Setingan Radio Senao/EnGenius sebagai client/AP) (Setingan MikroTiknya)

2. PC Router/Gateway (Rp. 1.000.000) tergantung speknya

(kalo mau istimewa pake MikroTik) -> rb1000

PC Router merupakan Router yang di buat dari sebuah PC yang dijadikan Fungsi Router yang dijalankan dengan sistem operasi dan kebanyakan sistem operasi yang digunakan adalah berbasis OS (Operation System) Linux. PC Router sebenarnya sangat banyak sekali variannya baik yang berbayar/komersil maupun yang Free/open source. Yang komersil seperti Mikrotik OS. (bikin ruter mikrotik komplit sedot aja) (cara buat routernya sedot nih!) (cara buat-router-mikrotik juga)

3. Antena Omni 2,4Ghz (Rp. 650.000)

omni

Antena Omni (yang dipegang kayak pentungan itu lho bro…) untuk memperluas jangkauan hingga beberapa kilometer, meskipun ketika anda membeli access point sudah dilengkapi antena omni, namun belum cukup karena hanya berkekuatan antara 3-5dB, untuk memperluas jangkauan, anda memerlukan antena Omni eksternal, yang rata-rata berkekuatan 15dB. Antena Omni ini memiliki pancaran 360 derajat, jadi cocok bisa menjangkau client/tetangga dari berbagai arah.

4. Switch 8 port (RP. 250.000)

5. Kabel UTP (1roll Rp. 850.000)

(kalo teknisinya cewek kabelnya pilih yg warna pink ixixix…) Well…, walau namanya perangkat wireless, namun peranan kabel juga diperlukan, kabel UTP/STP ini diperlukan untuk menghubungkan antara access point dengan jaringan kabel pada LAN lokal anda, jadi di bawah dia bisa ditancapkan ke komputer Gateway/Router atau ke Hub/Switch, pilih kabel UTP/STP yang berkualitas baik guna meningkatkan kualitas arus listrik yang dilewatkan melalui POE.

6. Pigtail (Rp. 150.000)

Pigtail atau kabel jumper diperlukan untuk menghubungkan antara antena omni dengan access point, perhatikan panjang maksimal yang diperlukan, jangan terlalu panjang karena akan mengalami degradasi sinyal (loss dB) Pada kedua ujung kabel terdapat konektor dimana type konektor disesuaikan dengan konektor yang melekat pada access point anda.

7. Box external (Rp. 150.000)

Box external untuk melindungi access point anda dari hujan, maka diperlukan pelindung berbentuk kotak, bisa terbuat dari plastik atau plat besi dan box gak boleh dibungkus tas plastik ntar dikira nasi bungkus lho dan ini biasanya diletakkan di bawah antena.

8. POE (Rp.150.000)

POE dipakai supaya kabel listrik tidak dinaikkan ke atas untuk menghidupkan access point. POE ini fungsinya mengalirkan listrik melalui kabel ethernet atau kabel UTP/STP, dengan alat ini maka anda tidak perlu repot-repot lagi mengulur kabel listrik ke atas tower, lebih praktis dan hemat.

9. Konektor RJ45 (1box Rp. 75.000)

RJ45

10. Tower 1 section 4 meter (+/-@ Rp 850.000+pasang+anti petir) kebutuhannya 4 stage dulu aja…

jomblo-in-action1

Insert : ketek ketulup

Tower dipakai untuk mendapatkan jangkauan yang maksimal, anda perlu menaikkan antena omni ke tempat yang tinggi agar client/tetangga anda bisa menangkap sinyal radio dengan baik.

Kalo mo belanja alat atau cek harga disini : (biasanya belum termasuk Ppn, ongkos kirim dan si supir yg minta tambahan dll :D )

http://www.mikrotik.co.id

http://www.ufoakses.net

http://www.aksespoint.com

http://antarlangit.com

dll googling ajah…

Well…, sekarang itung dah biaya investasinya dari no 1 sampe 10 masih masuk kan?, lanjut… setelah bahan-bahan sudah siap sekarang nyalakan kompor…, kasih minyak goreng ixixix (jadi ingat ama host-nya “A La Chef di Trans TV” si Farah Quinn bener-bener tombo nguantukD) Well…, untuk instalasi, seting, konfigurasi RT/RW-Net anda dapat mencari di google banyak kok artikelnya, di blog ini sebagian juga ada atau kalo anda nggak mau repot minta tolong teknisi ISP di daerah anda buat nyetingin pastinya ada biaya buat seting ginian tinggal anda nego sendiri sama mereka…, nah misal perkembangan bisnis anda bagus RT/RW-Net ini bisa anda kembangin jadi ISP.

Nah kalo mau sekedar untuk sosial komunitas ya jangan harap banyak dari RT/RW-Net ini, tapi kalo mo dibisniskan anda bisa dapat penghasilan dari jual alat seperti radio access point, antena, box outdoor, kabel, pigtail, tower, seting dan instalasi plus benwit awal pokoknya lumayan hasilnya gak bakal tekor dah.. Ok…, selamat mencoba semoga bermanfaat sokor-sokor bisa terealisasi beneran dan tumbuh pengusaha-pengusaha muda di bidang IT. wwaaaaammmiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnn…………..😀

Sementara ini dulu saya habis kerokan mau istirahat habis kehujanan di tower tapi masih untung gak kesamber petir… pis bro…

Iseng-iseng by Telogodog

bar kerokan masuk angin bro... wekekeke

====================================================

====================================================

Untuk yang mau tanya dan yang mau jawab atau ada yang mau promosi produk yang ada kaitannya dengan RT/RW-Net disini tempatnya. Monggo… anggap aja rumah sendiri gak usah sungkan-sungkan…D


  1. Bro .. artikel nya bagus …

    trims …trims

    suwun atas pencerahannya … ^^

    Pengeran sing mbales ..

    daku hanya bisa berterima kasih .. .

    Thanks

  2. solocybercity

    niat kita cuma mau cari pahala kok wekekeke…

  3. bagus bang, artikelnya.. thanx ya
    patut dicoba nih

  4. wah bro..artikelnya bagus banget. sangat membantu buat aku yang awam tentang access point. Masalahnya nih mertuaku mau buat ginian utk dipasang di perumahan, jadinya sangat terbantu dengan artikel ini.

    Kalau nanti ada settingan yang belum ‘ngeh’, mohon bisa dibantu ya…

    matur nuwun….

  5. WELEH2 JAN BAGUS TENAN ARTIKELE

  6. Ari

    Bro…. mo tanya, di RT ku udah ada jaringan telepon lokal (Komplek) jadi kalo aku mau nyambungnya pake kabel telepon aja apa bisa bro …. pake alat apa namanya bro tolong kasi penjelasannya ya bro…….

    Thaks bro …..

    • solocybercity

      Buat bro Lukito, Ghozy, Budi, Rahmat, Fikri, Dewi dan bro-bro lainnya thanks buanget yah dah muampir😀
      Sedot aja bro… proposal warnetnya lupa naruhnya di file mana ya? apa ikut ke format kalee..?😀

  7. Bener2 Ide yg cmerlang. Bro aku minta bantuanmu donk… Aku pgn ad kerjaan.. Eh kerja sama. Tetang artikel2mu.kmn aq mo konfirm km?

  8. Adi

    perlu ijin ga kalo pasang tower(bisnis rtrw)

  9. solocybercity

    cukup ijin pak RT, pak RW dan tetangga kanan kiri depan belakang aza…

  10. yoyoxxomputer

    bro bisa g kita kombinasikan Speedy dengan DVB (Digital Video Broadcating) Upload pakek Speedy and Download pakek satelite (DVB Card) kan bisa tu bro mempercepat koneksi internet kita kalau ada yang sudah nerapin tolong dong email ke aku Yoyoxcomputer@gmail.com artikenya, rencanae q bangun seperti diatas tapi masalahe ni q kurang referensi, tapi keterangan u dh membuat kepala q kebuka broo.. Bagus makasih pencerahane…

  11. ADI

    suwun brow informasinya….

    moga sukses

  12. BAMBANG

    Artikelnya ok deh Om. Bagaimana Mendapatkannya Perlatan Semua Kecuali PC dan Tower supaya kita bisa Berinternet sama- di komplex dengan 10 rekan by 73

  13. AHMAD

    mas antena parabolic bisa buat broadcast jg ya mas bisa tolong kirimi aq skema sama diagram sebuah server rt/rw net trima kasih mas

  14. bagas

    numpang lewat……wekekekee…..salam buat Riza…

  15. solocybercity

    thx gas kapan jadi ketek ketulup lagi…? ixixixi😀

  16. lam kenal pak,bos ,bro , pemula nich god artcal, pengen belajar rt rw net. boleh doooong.

  17. ghozy

    wuah cah solo uapik tenan artikele, thx infonya…

  18. budi

    wah, koyoke asik jg ya…
    kabari aku klo ada yang mw bikin ya..
    kalo baca agak pusing( maklum awam )
    jd kalo bisa mau ikut liatin pas bikinnya, dari nol sampe jadi gtu. thx..

  19. Thanks for informasinya..🙂

  20. Fikri

    Bro, artikelnya bagus banget nih….
    boleh minta gak… sekalian kalo ada proposal untuk bangun warnet nya…

    thx

  21. Dewi

    Ass, Terimakasih atas artikelnya, bagus banget n dari yang awam RT RW Net setidaknya jadi ngerti. ya lumayan ngerti

  22. doeldjony@yahoo.com

    Matur newun sanget lho Bro……….tulisanipun menginspirasi peluang bisnis yang mantabbbb…….buanget,kari golek investore…………..he-he-he……….

    Kalo dah dapat inpestor saya jadi tukang panjat towernya juga mau bro…😀

  23. khamsia bro, ta’ cobain dech… insyaallah, n moga2 ga d sambar petir… pizzzz….

    Thanks bro, ati-ati ntar kepleset licin musim ujan😀 salam kenal

  24. Juanan

    Thanks, Kang…chat dong. kmana ya?

    ke YM solocybercity tp jarang online, OL kalo mo ngapdet doang, salam kenal yah thanks😀

  25. zilla

    thanks bang !!!

    Thanks kembali, salam kenal yah…😀

  26. wah keren kerokannya, mirip antena grid😀

    thanks infonya…

    Wakakaka… lucu tenaaann kie…😀

  27. wah sampeyan uenak neranginnya …. maturnuwun njih

    budi

    Sami-sami, kan tinggal nyritain aktifitas sehari-hari ajah ixixix😀

  28. Bangun RT/RW Net
    Pekerjaan yang mengasyikkan…

    Cocok bro…😀

  29. Mbelgedez™

    .
    Jiaaampuut, Jiaammpuut…!!!

    Keren tenan artikele, dab !!!

    Salut !!! :mrgreen:

    #Tengkyu Boss dah muampir…😀

  30. wah jan bener2 pencerahan mas…….
    aku juga meh pasang ah.
    lumangyan buat pencerahan warga he he he

    ngomong-ngomong aku meh melu kerokan mas….kudanan ki

    Dokter mahal, obat mahal, dukun ponari capek ngantri, yah terpaksa obatnya kerokan wae… ixixix😀

  31. mas mampir…
    🙂 klo pesan antena microtik buat design antena wajan bisa ndak mas ??

    abis berapa mas ??

  32. GIN CELL

    owalah………..
    iki artikel ne apik tenan..
    suwun masee………

    Yo’i😀

  33. P4P

    waduh2…gawe pengen cak… daerah Pilang, Kec. Masaran Kab. Sragen kalo ada yg pengen bangun jaringan RTRWNet tlng aq dbakari,,,eh dikabari di p4p@pgsdumsonline.co.cc or 087882716172. aku tk ikut daftar,ngadmin jg gpp…

    thanxs n berharap bersedia membagi ilmunya di http://www.pgsdumsonline.co.cc

    kan udah dibagi-bagi gratis nih ilmunya, yg lain mana mau bedah2 bisnis ampe keakar-akarnya he he he😀

  34. Risdiyanto

    Baguuuussss……. Makasih ya..!!!!

  35. bro ..

    gamna kalo saya maw ikutan bisnis ini?

    saya orang solo juga.. .

    bole mampir ke rumah g?
    rumah nye mane bro ? alamate. .
    ? ??😀

    ngobrol di YM dulu aza😀

  36. waryoto

    wah iki sing ditunggu ambek negoro indonesia.

    kreatif buuuaaaanggeteeee

    lam kenal njeh masss

    weleh-weleh wong isine ndobos kabeh kok ditunggu negoro… yen ditunggu ning poltabes iyo mas ixixix salam kenal balik mas😀

  37. waryoto

    apek tenannn masssss

  38. bisakah sampai suatu desa terpencil tanpa ada aliran wireless
    seperti saya ini ;D

  39. Kren tuch . . .

    bisa d cBa

  40. jabrik

    bagus tuh mas artikelnya….mang aQ butuh info yang kayak di atas…tanks bos…salam arema

    yup thanks balik yah…😀

  41. jume

    Info Bagus…
    Mau Tanya Nih…
    Kalau kita pake speedy apa perlu ijin lagi dari telkom… kan kita menjual kembali lagi produknya… dan secar bisnis kan melanggar etika tuh

    ###> http://opensource.telkomspeedy.com/forum/index.php

  42. thenk kyu atas infonya kang btw ymu opo kang nek menawane aku pengen gawe bisnis rt rw net😉

    ning sidebar wis ono toh…😀

  43. Q

    Waakakakakkakkkk
    Nice bro,… artikenya boleh dijadiin bahan proposal yah…
    Ga bakalan kena Victim Validation kan ???

    sedoooooooooottt azaa bro… ampe kempot… 😀

  44. Maturnuwun ngeh cah bagus atas pencerahane……artikel x bgs

  45. Blog Excelent…. SAya mau ikutan tuker Link , tapi ko ga ada ruang buat taruh link saya ?
    Atau mas admin yang mau tolong taruh code link saya .. :

    Link solocyber…. sudah saya taruh di web saya .
    Trims

    udah saya pasang boss link-nya di blog teman, bisnisnya bener-bener hot…😀

  46. boleh ne di coba…keren dech blognya, banyak pengunjungnya lagi…salam kenal bro!!!

    thanks yah…, udah mampir di blog iseng-iseng ini…😀

  47. yrizkinux

    mantap cuy.. atikele,…. smangat trus yo…

    siyaaap bro…😀

  48. Mau nulis koment apa ya?
    Oh…ya, artikele bagus, kita memang perlu mengakali nasib kita biar cepet berubah, mosok di akali terus sama nasib, sakit khan..?

  49. Dathoek

    trs ni g dilanjut bahas maslh di software bro..pa ja yg dbthin dari yang simple dl ja..dan pake alurnya sklian…
    mantab pembahasanya smpe elek…
    Suwun Kang..

    softwarenya udah ada tinggal di searching… kalo gak nemu yg dimaksud masuk forum aza bro… 😀

  50. wah keren…. pengusaha rt/rw net yah mas… mantap neh infonya

    bukan boss saya tukang panjatnya…😀

  51. anshmie

    bro………artikelnya memang bagus….bisa di jadikan bisnis ni… tapi sak niki kulo tasih di luar negeri pados modal kangge bisnis…nah bisnis sek kados meniki sek tak padosi….. good luck ya…..

    injih boss atos-atos dirantau 😀

  52. ciri khas wong solo..guyonan tapi mutu..

    he he he masak sih…😀




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: