Instalasi MikroTik

Persiapan Instalasi

MikroTik RouterOS sudah banyak mendukung berbagai macam driver hardware. Jadi apabila anda seorang pendatang baru atau pemula, tidak perlu khawatir jika komponen perangkat keras anda tidak didukung MikroTik. Sebelum melakukan instalasi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, anatara lain :

  • Kebutuhan Perangkat Keras

CPU dan motherboard, yaitu generasi Intel, Cyrix 6X86, AMD K5 atau sekelasnya, tidak mendukung multi prosesor, mendukung arsitektur keluarga i386 dengan PCI lokal bus.

RAM, minimal 32 MB maximum 1 GB aja

HARDISK ATA/IDE dengan ruang kosong minimal 64 MB. Tidak mendukung USB, SCSI, RAID, sedangkan hardisk SATA hanya pada legacy access mode. Mendukung flash dan microdrive dengan syarat terkoneksi menggunakan antarmuka ATA.

  • Media Instalasi

Media instalasi MikroTik antara lain :

  • 1. Floppy based instalation.
  • 2. CD based instalation.
  • 3. Floppy based network instalation.
  • 4. Full network based instalation.

Instalasi MikroTik

Perhatikan, jangan menginstal MikroTik pada komputer kesayangan anda yang berisi data-data penting. Karena sistem operasi ini akan membuat satu partisi dari seluruh kapasitas harddisk sehingga seluruh partisi yang ada pada harddisk akan dijadikan satu, lalu diformat total oleh MikroTik.

Instal MikroTik pada komputer lain yang statusnya bukan komputer utama. Alternatif lain jika anda hanya mempunyai satu komputer gunakan program VMware. Vmware adalah program aplikasi sejenis emulator yang dikhususkan untuk membangun sistem operasi yang bersifat maya. Dengan kata alain, sistem operasi di dalam sistem operasi. Dengan Vmware, anda dapa menginstal sistem operasi MikroTik pada sistem operasi Windows, misalnya, tanpa mempengaruhi sistem operasi Windows tersebut.

Untuk instalasi sebaiknya menggunakan metode CD Based Installation karena metode inilah yang paling mudah dan paling cepat untuk proses instalasi. Selain itu, penggunaan CDROM sedah menjadi hal yang umum dikalangan orang banyak atau anda yang sedang belajar MikroTik.

Berikut langkah-langkah menginstal MikroTik melalui CD:

  • Donlot file iso MikroTik (± 14MB) dari website resmi MikroTik.
  • Jalankan perangkat lunak untuk menulis ke CD, misal Nero Express versi 7.
  • Nyalakan komputer anda kemudian masuk ke Bios. Seting bios dengan konfigurasi firs boot pada CDROM drive.
  • Masukkan CD MikroTik pada CD Drive anda.
  • Berikut adalah tampilan ketika sistem booting dari CD-ROM.
instalmikrotik

Setelah booting, muncul menu pilihan paket yang akan diinstal satu persatu dengan menekan “spacebar”. Untuk memilih semua paket gunakan tombol “a”, tekan “m” untuk pilihan paket minimum, tekan “r” untuk menginstal remote router. Atau tekan “q” kalo ingin membatalkan proses instalasi.
Untuk memudahkan instalasi, gunakan metode tekan tombol “a” kemudian “I”.

instalmikrotik2

Kemudian akan muncul pesan seperti ini :

Do you want to keep old configuration ? [y/n] : n (Konfirmasi utk menyimpan konfigurasi lama)

Jika sebelumnya pada komputer sudah terinstal MikroTik, anda dapat menyimpan konfigurasi lama dengan menekan tombol [y] atau tekan [n] untuk menghapus konfigurasi lama.

Warning : all data on the disk will erased !
Continue? [y/n] : y

Anda diharuskan untuk menjawab [y] untuk meneruskan instalasi atau [n] untuk membatalkan.
Jika konfirmasi di atas disetujui, sistem akan melakukan instalasi sesuai dengan paket yang dipilih.

Creating partition…………
Formatting disk………
bla…bla…bla…

Sistem akan meminta untuk reboot komputer setelah proses instalasi telah selesai. Sebelum me-reboot komputer, ambil terlebih dahulu CD MikroTik yang terdapat pada CD Drive anda.

Setelah reboot, MikroTik akan melakukan konfigurasi sistem secara otomatis.

Selanjutnya akan muncul menu user login. Gunakan user admin untuk login dengan password kosong (tidak diisi), akhiri dengan menekan tombol Enter.



%d blogger menyukai ini: