Bedah Bisnis Hot Spot

Ilustrasi HotSpotHotspot sekarang lagi ngetren dan benar-benar hot…, mulai kafe, hotel, mall, resto,sekolahan, warung angkringan semua menyediakan hotspot. Ada yang free dan ada yang bayar. Hal ini disebabkan banyaknya perangkat yang telah dilengkapi dengan teknologi wireless, sehingga tren penggunaannya pun semakin tinggi.
Karena ketidaktahuan tentang hotspot dan mahalnya alat wireless membuat pemilik tempat usaha enggan untuk membangun hotspot. Padahal, adanya hotspot ini sangat berpotensi untuk menambah daya tarik dan juga bisa menambah penghasilan dari tempat itu sendiri.

Hal pertama yang harus anda pertimbangkan adalah target konsumen yang biasanya mampir ke tempat anda. Jika pengunjung tempat anda adalah kaum eksekutif, maka menyediakan hotspot akan memberikan nilai tambah yang sangat potensial. Anda pun bisa mendapatkan pemasukan ekstra dengan menjual voucher hotspot.

Untuk memulai membangun bisnis hotspot yang perlu diperhatikan adalah :
Menentukan konsep bisnis hotspot anda.
Apakah hotspot anda dapat digunakan secara gratis atau harus membeli voucher tertentu? Anda harus menentukan hal dasar ini terlebih dahulu karena akan menyangkut perencanaan infrastruktur hotspot itu sendiri.
Alternatif yang biasa dipilih adalah memberikan waktu trial khusus secara gratis selama beberapa waktu (satu atau dua bulan pertama). Selanjutnya, pengunjung harus membayar atau membeli voucher sebelum bisa mengakses hotspot Anda. Kadang kala, ada beberapa tempat yang memang sengaja memberikan layanan Wi-Fi hotspot secara gratis. Namun, Anda harus berbelanja (atau memesan makanan) selama mengakses hotspot tersebut.
Layanan Akses Internet cukup murah dan cepat
Hal yang harus Anda perhatikan adalah miliki adalah akses Internet yang cepat dan murah. Akses Internet ini pada umumnya menggunakan layanan broadband dengan kecepatan yang cukup tinggi (128 Kbps atau lebih), tergantung target jumlah pengunjung yang akan mengakses layanan hotspot ini.

Free Hotspot (Hotspot Gratis)

Hotspot gratisan tidak mengharuskan anda membayar untuk melakukan akses internet. Hotspot dapat anda temui di beberapa kafe atau kedai kopi, setelah memesan makanan atau minuman, anda hanya perlu meminta kode akses, bahkan di beberapa tempat malah tidak pakai kode akses sama sekali. Free Hotspot ini digunakan pemilik usaha sebagai penambah daya tarik untuk pelanggan, mengingat biaya internet semakin murah maka cara ini tidak akan banyak mempengaruhi biaya operational.
Untuk yang free cukup menggunakan akses point TP-Link aja buat access point-nya. (Membuat Hot Spot dirumah dengan Access Point TP-Link TL-WA601G).

Commercial Hotspot (Hotspot Komersil)

Hotspot ini tidak gratis alias berbayar yang mengharuskan anda membayar untuk mengaksesnya. Untuk mengakses Hotspot ini terbilang gampang, anda hanya perlu nyalakan Wireless pada notebook atau PDA dan lakukan browsing jaringan wireless. Setelah anda memilih Wireless SSID dan joint wireless network ini, anda akan mendapatkan IP address yang di inject otomatis dengan DHCP. Kemudian anda lakukan browsing ke website apa saja, pada saat itu juga anda akan di redirect ke webpage (captive Portal) untuk melakukan login. Jika anda belum mempunyai username dan password anda akan diberitahu harus membeli voucher dan tempat membelinya. Setelah username dan password diisi maka anda dapat meneruskan melakukan browsing, chatting, cek email, donlot dll.

Untuk membuat Bisnis Hotspot Commercial ini anda membutuhkan server Radius, AAA Billing, dan Access Point. Untuk system yang tidak besar anda dapat mencoba Mikrotik RouterOS yang terkenal kaya fitur dan mudah settingnya. Mikrotik adalah pengembangan dari Linux dan sudah mendukung captive portal dan user management. Walaupun Mikrotik adalah software berbayar tetapi harganya terjangkau. Kelemahan Mikrotik saat ini adalah belum mendukung SCSI harddisk sehingga untuk aplikasi Proxy belum cukup baik. Untuk Hotspot System Windows anda dapat menggunakan software Firtspot yang cukup terkenal dari www.patronsoft.com . tetapi jika anda menggunakan System Windows anda harus extra memperhatikan issue security dan virus karena System Windows terkenal tidak aman, selain itu dukungan proxy tidak terintegrasi langsung pada software, anda dapat membuat proxy server dengan ISA server atau dengan Squid.

Lebih lanjut bisa cari2 Artikel Hotspot di blog ini…. udah dulu ya… ngantuk…

Artikel terkait : konfigurasi-hotspot-mikrotik



%d blogger menyukai ini: