Lancarnya Lalu Lintas Telekomunikasi Selama Lebaran 2008

 

Selama dua hari sebelum Lebaran (H-2) dan dua hari sesudah Lebaran (H+2) lalu lintas telekomunikasi tidak ada kendala berarti. Baik hubungan suara maupun pesan pendek (short message service) berjalan baik.

Dari sepuluh operator yang ada, belum ada laporan gangguan telekomunikasi. “Sekarang kirim SMS rata-rata bisa dibawah tiga menit sekali kirim,” kata Kepala Bagian Umum dan Humas Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi Gatot S Dewabroto, Jumat (4/10) saat dihubungi.

Berbeda dengan tahun lalu, tingkat kekacauan lalu lintas telekomunikasi tinggi. SMS baru bisa terkirim sehari berikutnya. Begitupun pada saat sambungan suara, gangguan sering muncul pada stabilitas gelombangnya.

Dia tidak menampik adanya gangguan di sejumlah daerah yang sifatnya kasuistis. Pada beberapa kasus, sinyal operator mereka lemah. Bisa saja ini disebabkan suplai energi ke daerah tertentu terkendala. Ini sangat mempengaruhi kualitas telekomunikasi. Seminggu sebelum Lebaran, persoalan ini sudah diantisipasi sebagian operator.

Namun secara umum pelayanan mereka memenuhi batas nilai minimum pelayanan ke masyarakat. Ibarat rapor, pada tahun sebelumnya rata-rata nilai pelayanan operator kurang dari enam. “Namun kali ini, nilai pelayanan mereka di atas enam. Ditjen Postel terus memantau persoalan ini. Jika ada gangguan karena pelayanan yang buruk, tidak segan-segan akan kami ingatkan dan umumkan ke publik,” katanya.

Sumber : kompas



%d blogger menyukai ini: