Cara Google melakukan pencarian website

 Internet merupakan sebuah samudra yang luas dengan sekitar jutaan website aktif. Seandainya tidak ada search engine, menemukan informasi berguna di internet dapat memakan waktu. Walau fasilitas search engine telah ada selama bertahun-tahun, tampaknya google lebih unggul daripada search engine lainnya. Apa keunggulan algoritma google dibanding search engine lainnya…

Google menampilkan hasil pencarian berdasarkan banyak faktor, yang menentukan ranking sebuah website pada search engine results page (SERP). Google telah mengalahkan website-website lain sebagai website yang paling banyak dikunjungi di dunia. Tentu saja ini berarti mendapatkan tempat duduk terbaik di Google SERP berarti peningkatan jumlah pengunjung dalam jumlah yang sangat besar.

Dasar pencarian search engine Google serupa dengan search engine lainnya. Program otomatis yang disebut spiders atau crawlers menjelajahi website demi website dan membuat index yang memuat kata-kata kunci. Kata kunci ini yang dipanggil ketika pengguna google mencari informasi. Sebuah program spider atau crawler juga memiliki kelebihan-kelebihan khusus seperti mendeteksi website yang hanya membawa user ke website lain (reddirection).

Lokasi keyword juga memegang peran pada bagaimana google menemukan webiste-website. Walau Google mencari keyword di semua halaman sebuah website, beberapa seksi seperti webpage title dan headings berperan lebih penting dari halaman-halaman lainnya. Meta keyword juga diperhitungkan walau keyword yang terlalu banyak justru membuat Google mengabaikan semua meta keyword yang ada.

Sistem PageRank

Fitur Google yang paling penting adalah sistem PageRank, sebuah proses otomatis yang menentukan lokasi hasil pencarian. Bagaimana Google menentukan PageRank ini merupakan suatu hal yang rahasia. Yang pasti, beberapa hal yang menjadi pertimbangan PageRank adalah sebagai berikut:

Untuk setiap hasil pencarian, PageRank akan menambahkan nilai pada website-website yang ditampilkan.

Link sebuah website dengan website-website lain menambah jumlah nilai PageRank. Logikanya adalah website dengan isi berkualitas akan mendapatkan lebih banyak direferensikan oleh website-website lain daripada website yang biasa-biasa saja.

Tidak semua voting bernilai sama. Voting dari website yang memiliki PageRank tinggi memberi nilai lebih dibanding dari website dengan PageRank rendah. Hal ini mencegah orang-orang meningkatkan nilai PageRank mereka dengan membuat website-website kosong yang me-link website utama mereka.

Sebuah website yang melink banyak website memberi nilai lebih sedikit pada website-website yang di-link dibandingkandengan website yang melink beberapa website.

Seberapa lama sebuah website telah berdiri menambah nilai PageRank.

Kekuatan nama domain sebuah website menambah nilai PageRank.

Beberapa orang berkata bahwa Google menggunakan sebuah grup orang-orang untuk mengevaluasi hasil search enginenya secara manual namun Google menentang hal ini.

Google juga tidak menjual posisi pencariannya. Semua website yang muncul pada hasil Google SERP murni hasil dari PageRank. Google tidak menjual posisi pencarian namun Google menyediakan ruang khusus di bagian kanan untuk sponsor-sponsor yang bersangkutan dengan hasil pencarian.

Sumber : googling-googling dan blogwalking



%d blogger menyukai ini: