Yahoo! Go

Di Internet, bertebaran portal yang menawarkan kemudahan. Yahoo misalnya, menawarkan hampir semua informasi dalam satu situs. Dengan fitur-fiturnya yang dibandrol dengan nama Yahoo! Calendar, Yahoo! Address Book, Yahoo! Local, Yahoo! Maps, Yahoo! News, Yahoo! Sports, Yahoo! Finance, Yahoo! Entertainment, Yahoo! oneSearch, Yahoo! Weather, Flickr, atau Yahoo! Mail, praktis Anda tidak perlu mengunjungi situs lain untuk mencukupi kebutuhan informasi Anda.

Seperti dikutip dari kompas.com, Seiring dengan maraknya penggunaan mobile internet, Yahoo! yang tak mau kehilangan pengunjung, terjun ke dunia mobile. Langkahnya diawali dengan meluncurkan portal berbasis WAP. Portal ini bisa diakses di http://m.yahoo.com melalui browser ponsel. Dengan tampilan sederhana dan tanpa banyak gambar, Anda bisa mengakses informasi di Yahoo! dengan murah.

Yahoo! Go

Demi memanjakan penggunanya, Yahoo! kemudian mengembangkan aplikasi mobile berbasis Java. Namanya Yahoo! Go. Di dalam aplikasi ini Yahoo! menyajikan antarmuka aplikasi cantik dengan sedikit sentuhan 3D.

Di dalamnya terdapat beragam widget menarik, seperti Widget oneSearch, Mail, Flickr, News, Sports, Finance, Entertainment, Weather, Maps, dan berbagai widget tambahan lainnya dalam Widget Gallery. Melalui Yahoo! Go, Yahoo! seolah menebus berbagai kekurangan yang ada pada portal WAP-nya.

Cari Apa Saja

Melalui fitur oneSearch, Anda bisa melakukan pencarian apa saja. Hasil pencarian akan diasosiasikan ke beberapa fitur yang ada di Yahoo! seperti Flickr, artikel berita, gambar-gambar di web, skor pertandingan, jadwal pertunjukan, cuaca, event, web site, alamat, nomor telepon, dan peta. Alhasil, apa pun yang Anda cari niscaya Anda akan menemukan jawabannya dalam satu kolom pencarian.

Di menu Mail, Anda bisa mendapatkan akses ke Inbox Anda. Di sana, Anda bisa menulis, membalas, menghapus e-mail, termasuk menampilkan attachment. Fitur e-mail ini juga mengintegrasikan Yahoo! Address Book untuk mengelola alamat e-mail. Pokoknya, semua yang ada di sini bisa Anda temukan di Yahoo! Mail versi PC.

Fitur Weather memungkinkan Anda untuk melihat kondisi cuaca di kota mana pun di dunia berikut prakiraan cuacanya sampai lima hari ke depan. Yahoo! Go mendukung informasi detil cuaca sampai 10 lokasi dalam satu jendela.

Mau dapat berita terbaru? Yahoo! Go bisa menyajikannya. Di menu News, Sports, Entertainment dan Finance Anda bisa mendapatkan berita-berita terbaru yang ada di situs Yahoo!. Bila informasi yang Anda dapat di sana belum cukup memuaskan, Anda bisa mengonfigurasi berita dari RSS feed di tempat lain.

Caranya, dari widget News, pilih menu Options > Add Source dan masukkan URL RSS yang Anda suka. Pilih Add dan masuklah ke menu Options > Save untuk menyimpan perubahan yang telah Anda lakukan. Cara yang sama dapat Anda terapkan pula pada widget Sports, Entertainment dan Finance.

Upload Foto 

Sebagai bagian dari grup Yahoo!, Flickr situs berbagi dan pengelola foto online, juga didukung oleh Yahoo! Go. Dari aplikasi ini Anda dapat meng-upload foto dari kamera ponsel langsung ke akun Flicker Anda. Anda juga bisa menambahkan judul, penjelasan dan tag ke postingan Anda. Foto-foto yang telah Anda upload dapat dibagi-pakai secara mudah.

Masih di menu yang sama, Anda dapat mengelola foto yang Anda suka, menampilkan kontak dan foto terbaru dari kontak tersebut, atau melihat-lihat foto yang ada di Explore Flicker. Jika kesulitan menemukan foto tertentu, tersedia pula fasilitas pencarian foto di Flicker. Caranya cukup dengan menekan 0 pada key pad dan masukkan kata kunci untuk foto yang Anda cari.

Layanan Peta

Yang tak kalah menarik ialah widget Maps. Widget ini menyajikan layanan peta seperti yang disediakan Google Maps. Ada fitur pencarian yang didasarkan pada informasi yang didapat dari web site, alamat, nomer telpon, peta, penunjuk jalan dan informasi review dan rating dari pengguna. 

Di dalam fitur Maps terdapat fitur Map View untuk menampilkan lokasi dari atas (citra satelit), penunjuk jalan, informasi tempat-tempat menarik, informasi lalu lintas serta fitur untuk menemukan tempat-tempat yang berada di sekitar pengguna. Sayangnya widget Maps di Yahoo! Go ini belum selengkap Google Maps, baik dari segi fitur maupun kelengkapan peta. Saat ini Yahoo! Maps hanya dapat digunakan untuk memantau area AS.

Instalasi

Kalau aplikasi lain dapat diunduh melalui PC, tidak demikian dengan Yahoo! Go. Anda harus mengunduhnya langsung dari browser ponsel. Kunjungi http://get.go.yahoo.com/ dari ponsel dan kliklah link “Download Yahoo! Go”, maka Yahoo! secara otomatis akan mendeteksi tipe ponsel Anda dan memberikan versi Yahoo! Go yang sesuai.

Saat muncul konfirmasi untuk pengunduhan, jawab dengan Yes. Usai mengunduh, Anda akan mendapat konfirmasi untuk proses instalasi. Jawab lagi dengan Yes. Tak lama kemudian, Yahoo! Go akan ter-install di ponsel Anda. 

Cara Pakai

Setelah Yahoo! Go ter-install, jalankan aplikasi tersebut. Caranya, masuklah ke menu Applications pada ponsel, lalu carilah aplikasi yang berlogo Y!. Saat dijalankan, Anda akan melihat ponsel menanyakan apakah Anda memperbolehkan aplikasi tersebut mengakses Internet. Jawab Yes agar Yahoo! Go dapat berkomunikasi dengan server-nya.

Karena ini merupakan pertama kalinya Anda menggunakan Yahoo! Go, Anda akan disuguhi Term of Service yang harus disetujui. Anda juga harus memberikan Yahoo! ID dan password Anda untuk login ke layanan ini.

Setelah semua tahapan dilalui dengan benar, Anda akan dibawa ke halaman utama yang berisi widget-widget dalam roda yang dapat berputar seperti komedi putar. Segala pengaturan yang berkaitan dengan Yahoo! Go dapat Anda temukan pada menu Options > Settings > Y! Go Settings.

Di sana Anda dapat mengatur Widget standar yang akan dieksekusi otomatis saat Yahoo! Go diaktifkan, mengatur seting kota tempat tinggal Anda, nilai satuan, serta mengatur interval update otomatis.

TIPS: Tidak perlu meng-install ulang, apabila Anda mengalami gangguan saat menggunakan Yahoo! Go. Cukup tekan bintang pada key pad, gulung ke Home, pilih Options > Settings dan pilih Master Reset.

CATATAN

Sebagian besar ponsel yang mendukung Java dapat menjalankan Yahoo! Go. Sampai saat ini tercatat tak kurang dari 270 tipe ponsel dari berbagai merek bisa menjalankan Yahoo! Go: Nokia, Motorola, LG, Blackberry, Samsung, Sony Ericsson, Palm, sampai Windows Mobile. Beberapa tipe ponsel bahkan sudah membenamkan Yahoo! Go sebagai aplikasi dalam paket penjualan ponsel.

Mengingat banyaknya informasi yang dapat diakses melalui Yahoo! Go, Sinyal menyarankan Anda untuk menggunakan akses data 3G unlimited jika ingin menggunakan aplikasi ini secara maksimal.

Sumber: Sinyal



%d blogger menyukai ini: