Pertumbuhan iklan media online

Pertumbuhan iklan di media Internet dalam kurun 2007-2010 akan tumbuh 23 persen. Dari semua media yang ada, media berbasis Internetlah yang terus mengalami pertumbuhan.

CEO MNC Sky Vision mengatakan, data tahun 2006 menunjukkan bahwa iklan di koran sebesar 28,4 persen. Angka ini diprediksi akan mengalami penurunan sampai di tahun 2010 menjadi 23,3 persen.

Seperti dikutip dari okezone, “Internet yang tahun 2006 pemasukan iklannya hanya 6,8 persen akan berkembang dalam empat tahun yang akan datang. Perlahan tapi pasti angka itu akan semakin naik,” katanya dalam seminar nasional bertajuk “New Media: Akhir Media Konvensional?” yang diselenggarakan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) di Sanur Beach Paradise Hotel, Bali, Kamis (27/11/2008).

Sekadar perbandingan, berdasar data yang dipublikasikan Newspaper Association of America pada September lalu, di Negeri Paman Sam total pendapatan iklan surat kabar anjlok USD3 miliar pada enam bulan pertama tahun ini menjadi 18,8 miliar. Ini merupakan angka terendah selama puluhan tahun, berdasarkan data yang dipublikasikan. Alan Mutter dari Reflections of a Newsosaur mengatakan, penurunan ini sudah terjadi selama sembilan kuartal sebelumnya selama berturut-turut.

CEO Kompas Gramedia Group mengatakan, kini adalah saat bagi media cetak berpikir untuk menggabungkan diri dengan dunia online agar tetap bisa bertahan.

Hal ini dilakukan setelah melihat mahalnya biaya cetak dan peminat untuk membaca koran yang sudah mulai berkurang. “Tantangan inilah yang membuat Kompas mulai aktif menggabungkan dengan online,” ucapnya.



%d blogger menyukai ini: