Cara Cepat Mencari File Gambar, Video dan MP3

konek internetInternet merupakan dunia yang luas, dan tentunya kalau mencari sesuatu bukanlah hal yang mudah walau sudah mengandalkan Search Engine. Artikel berikut ini mungkin berguna bagi netter yang ‘kesusahan’ mencari file gambar, video ataupun MP3.

Cara yang paling mudah memang menggunakan search engine seperti Google atau Yahoo, tapi efektifkah? Jawabnya adalah tidak… Kenapa demikian? Karena search engine akan mengantarkan kita ke sebuah situs yang kadang-kadang tidak ‘user friendly’ dan kebanyakan yang kita cari mungkin tidak akan ketemu kalau cuma mengandalkan satu situs saja.

Jadi netter bisa menghabiskan waktu yang lumayan jika harus membuka satu persatu situs untuk mencari file yang diinginkan. Mencari satu file di beberapa situs mungkin akan membuang waktu percuma bagi yang ingin pencarian secara efektif. 

Berikut cara pencarian yang efektif dengan menggunakan situs atau software:

1. Memakai fasilias search di 4shared.com – Situs ini merupakan situs sharing file yang dibuat sederhana, tapi memiliki efektifitas yang tinggi dalam pencarian file. File yang bisa dicari di sini antara lain file gambar (jpg, gif, png, dll), audio (mp3, wma, dll), video (flv, 3gp, avi, dll), kompresi (zip, rar, dll), program (exe), dokumen (doc, pdf, dll) dan web (htm, html).

Khusus untuk mencari file gambar, buku, dokumen  dan video ada cara pencarian yang lebih mudah, yaitu memakai jasa Google. Caranya masuk ke www.google.com terus klik bagian kiri atas kategori file yang akan netter cari. Khusus untuk video bisa langsung masuk ke  http://video.google.com/ dan pencarian gambar bisa langsung ke http://images.google.com

2. Memakai software Frostwire atau Limewire – Netter mesti download terlebih dahulu salah satu  software tersebut sebelum menggunakannya. Cara kerja software ini adalah mencari file yang di-sharing oleh sesama pengguna internet atau dikenal dengan isitilah ‘Peer to Peer’ (P2P). Netter diharuskan waspada terhadap file yang di-download, karena potensi penyebaran virus (spyware) lewat file yang di-download (terutama file exe atau file lainnya yang ukurannya kecil) cukup tinggi lewat media ini.

3. Memakai software BitTorrent seperti BitComet atau uTorrent – BitTorrent cara kerjanya hampir sama dengan Frostwire atau Limewire. Bedanya adalah BitTorrent menyimpan informasi file yang akan di download dalam sebuah file kecil, yang kemudian file tersebut akan menghubungkan semua netter yang mensharing file tersebut.

BitTorrent cocok digunakan untuk mendownload file ukuran besar seperti video atau film. Bagi penggemar download, program BitTorrent adalah sebuah keharusan saat ini. Untuk mencari file torrent, netter bisa ke situs mininova.org atau piratebay. Cara mudahnya, netter bisa langsung search memakai fasilitas di dalam program BitTorrent.

Sumber : http://www.ketok.com



%d blogger menyukai ini: