Bisnis Bengkel Ponsel

Bisnis bengkel ponsel tetap menjanjikan menurut saya soalnya melihat teman2 saya kok masih asik-asik aja nglakoninya. Well…,  bagi anda yang gak ngerti seluk beluk masalah ponsel jangan kawatir ikuti kisahnya berikut ini…

Pelanggan ponsel GSM dan CDMA kan terus bertambah nih, nah ponsel yang beredar bertambah pula tiap bulan. Nah seperti alat-alat elektronik lain ponsel juga bisa masuk angin rusak. Misal kehujanan, jatuh, kecemplung bak mandi dll. Daripada beli baru, pilihan paling bijak membawa ke bengkel motor ponsel. Bengkel ponsel saat ini banyak betebaran di tepi jalan tapi persaingannya gak sesengit di bisnis pulsa isi ulang atau ponsel bekas yang sudah masuk ke pelosok gang sempit. Nah… di bisnis bengkel ponsel ni yg penting kita menguasai ilmunya.

Well…, membuka warung ponsel yang khusus memberikan jasa servis masih menarik untuk dicoba. Apalagi kalo udah terkenal dan punya teknisi jago wah bisa ketiban order dari bengkel-bengkel ponsel yang lain. Walopun keliatan bisnis gurem, pengusaha ponsel bisa mengeruk keuntungan yang lumayan lho jika dibandingkan dengan jualan pulsa ato ponsel. Selama ponsel masih dipake orang usaha bengkel ponsel masih bisa diharapkan.

Nah…, syarat utama buka bengkel ponsel: harus ahli memperbaiki ponsel atau mencari montir ponsel, kalo mau kursus juga dah banyak tempat kursus teknisi ponsel yang bisa jadi pilihan anda. Anda juga bisa belajar sendiri atau cari2 artikel di mbah Google atau tanya teman yang sudah lebih dulu buka bengkel.

Modal awal buka bengkel Ponsel :

  1. Siapin Peralatan bengkel/Hardware (komputer, software, alat servis: solder uap, solder tangan, power supply dll)
  2. Siapin tempat usaha
  3. Siapin biaya operasional

Di bengkel ponsel peralatan diatas sangat penting dan harus ada. Solder uap digunakan untuk mengangkat komponen (spare part) di dalam ponsel. Solder tangan untuk merekatkan spare part. Sedangkan power supply digunakan untuk mengecek komponen software di dalam ponsel. Dan harus sedia software paket untuk isi aplikasi, ringtone, flash dll.

Sementara itu untuk biaya operasional tergantung anda mau pake montir ponsel atau tidak. Kalo dengan montir artinya anda harus mempersiapkan gaji karyawan tapi kalo tidak bisa lebih irit. Untuk tempat bisa sewa atau nebeng garasi tetangga pokoknya gimana asiknya aja kalo bisa strategis. 

Untuk balik modal itu tergantung layanan jasa anda kepada pelanggan. Jika jasa yang anda berikan memuaskan pasti bakalan banyak order servis yang datang. Berikan rasa aman kepada pelanggan kalo komponen asli dan tidak diganti dengan komponen aspal atau main kanibal.

Kalo bisa usahakan si pelanggan bisa melihat atraksi kita otak-atik ponsel dia dan bisa ditunggu wah pasti menyenangkan dan jadi hiburan gratis bagi pelanggan. Pelanggan pasti puas, soalnya sudah jadi rahasia umum banyak orang yang mikir kalo montir ponsel itu suka ganti komponen semaunya.

Oke keq nya itu dulu deh ntar di tambah-tambahin lagi isinya…


  1. Boy

    Mantab bngt bos artikelnya… Siiiiiip..
    Aq ada advice dkit ni, mbok skali2 tempat yg bka kursus hp or komputr diulas..?
    O ya, maap artikelnya aq copy tuk pngetahuan.. Tursuwun bos..

  2. Boy

    Mantab bngt bos artikelnya… Siiiiiip..
    Aq ada advice dkit ni, mbok skali2 tempat yg bka kursus hp or komputr diulas..?
    O ya, maap artikelnya aq copy tuk pngetahuan.. Tursuwun bos..




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: