Bisnis Sewa Kos-kosan di Dunia Maya

He… he… judulnya rada-rada aneh yah, bisnis sewa kos-kosan di dunia maya alias bisnis web hosting. Bro… tahu nggak dibalik tampilan situs-situs yang anda kunjungi, ternyata banyak peluang usaha yang bisa anda terjuni. Ya salah satunya ini nih bisnis penyewaan ruangan server penyimpanan data-data website atau web hosting. Walaupun sekarang banyak sekali web hosting gratisan asalkan kreatif, masih ada peluang di bisnis web hosting. Kita dapat memilih skema usaha yang sesuai dengan kemampuan kantong kita.

Well…, mari kita ngobrol-ngobrol ringan aja yah mengenai seluk beluk usaha web hosting. Buat yang belum paham seluk-beluk internet (termasuk saya) supaya sebuah situs/web bisa diakses setiap saat, semua informasi yang ingin ditampilkan di situs tersebut harus disimpan di dalam sebuah komputer server yang selalu terhubung dengan internet. Para pemilik website pribadi atau perusahaan biasanya gak mau repot memelihara server semacam ini. Soalnya selain ogah ngeluarin anggaran tambahan untuk beli server, merekapun memang tak memiliki keahlian dalam bidang pengelolaan data-data situs.

Nah…, dari sinilah untuk menjawab kebutuhan para pemilik situs web tadi muncullah ide usaha web hosting (sewa kos-kosan dunia maya… tanpa Luna lho kalo pake luna jadi Luna Maya halah…).

Well…, para pengusaha kos-kosan dunia maya menyewakan kamar/ruangan server situs yang sudah dilengkapi dengan koneksi internet. Kapasitas media penyimpanan (harddisk) server ni biasanya sangat besar jadi bisa disewakan pada beberapa pemilik situs sekaligus. Untuk spek komputer juga harus canggih supaya kerja si kompi cepat dan stabil. Mungkin anda bisa jalan-jalan disini buat liat-liat kompinya.

Pada saat ini ada dua platform pengembangan situs di pasar. Yaitu berbasis sistem operasi Windows dan Linux. So…, anda harus sedia 2 server, satu berbasis Linux dan satu lagi berbasis Windows. Dan anda juga harus menyediakan server bekup untuk masing-masing server tersebut. Jadi ada empat server yang harus anda miliki. Tapi kalo mau pake basis Linux doang ya gak apa-apa toh platform ini paling banyak dipake ditambah satu server cadangan.

Well…, sekarang anda liat dompet anda modalnya masih belum cukup? Masih ada satu cara lagi yaitu menyewa server dari perusahaan data center (jasa penyewaan dan penyimpanan server). Nah dengan cara sewa begini biaya lebih murah dibanding beli server sendiri, tinggal anda nyisihin dana buat biaya sewa aja. Enaknya lagi karena teknologi komputer berkembang sangat cepat anda tak perlu takut servernya ketinggalan jaman dan kalo ada komponen yang rusak biaya dan perbaikan jadi tanggungan si pemilik server bukan si penyewa.

Setelah punya server entah itu beli ato sewa sekarang server ni harus dihubungkan dengan internet selama 24 jam. Tujuannya supaya situs-situs yang jadi penyewa server anda bisa diakses 24 nonstop. So…, server ini harus dihubungkan dengan server perusahaan ISP (Internet Service Provider) jadi ada dana lagi buat koneksi ke ISP.

Setelah ntu anda masih harus nyari administrator (juru kunci/mbah kuncen) untuk menjaga dan mengelola server. Orangnya harus punya keahlian komplit, mulai dari design pembuatan situs, pengelolaan dan keamanan data sampai pembangunan dan pengelolaan jaringan serta baca-baca mantra he… he… Tenaga admin juga harus bisa menyelesaikan dengan cepat setiap trobel suting masalah yang muncul.

Untuk lokasi usaha sebenernya gak perlu ada kantor tapi biar pada percaya kalo kita punya bisnis keren ya cari kantor di tempat yang keren juga biar pada percaya dan yakin aja ama ni bisnis kita.

Well…, weleh-weleh setelah semuanya siap sekarang kita bisa menjajakan kos-kosan/ ruang space server kita. Ruangan server ini bisa dibagi jadi paket-paket produk yang menyediakan berbagai pilihan kapasitas penyimpanan. Untuk lebih menarik kita bisa menambah jasa-jasa tambahan kedalam paket-paket diatas, misal: jasa pengurusan dan penyewaan nama domain. Ini adalah alamat situs internet yang berakhiran .com, .org, .gov, .co.id dll untuk memudahkan situs tersebut diakses di dunia maya, juga jasa design dan pembuatan website.

Contoh paket produknya kira-kira seperti ini nih..: Personal Hosting, Profesional Hosting, dan Enterprise Hosting. Personal Hosting menyediakan space 5 MB – 25 MB adalah paket termurah dengan sewa perbulan terserah anda.

Sedang paket Enterprise yang membidik pasar perusahaan space yang tersedia 60 MB – 1,5 GB itu juga terserah anda gimana asiknya aja. Untuk nama domain ada harga tersendiri misal per nama Rp.50rb

Untuk persaingan usaha emang sangat ketat belum lagi bersaing dengan web hosting gratisan. Nah sekarang tinggal pintar-pintar anda menggarap pasar dan berinovasi dengan produk baru. Wokeh kiranya cukup sekian intermezzo dari saya kapan-kapan disambung lagi ya… da. dah.. bai. bai…

Daftar Pustaka : tabloid kontan


  1. martono

    thanks mas ckup bgus artikelnya , Mas lho bleh nyak bsa gax mas ksi ak stu jdul skripsi yang berhubungan tentang internet ? lho bsa krim ke email ak ya mas…mar.ajus@yahoo.com
    Tanks sebelumnya….

  2. martono

    thanks mas ckup bgus artikelnya , Mas lho bleh nyak bsa gax mas ksi ak stu jdul skripsi yang berhubungan tentang internet ? lho bsa krim ke email ak ya mas…mar.ajus@yahoo.com
    Tanks sebelumnya….

  3. Untuk Modul Basic Website, Saya Punya Lampiran Berformat PDF dari Teman Saya, Jaka

    Silakan Download via Ziddu Di Sini :

    Lampiran Modul Web

    Untuk Download Aplikasi Yang Bagus untuk Membuat Website, Silakan Kunjungi http://dcrackman.wordpress.com

    Nama Aplikasinya HTML Kit dan Notepad++

    Semoga Bermanfaat

  4. Untuk Modul Basic Website, Saya Punya Lampiran Berformat PDF dari Teman Saya, Jaka

    Silakan Download via Ziddu Di Sini :

    Lampiran Modul Web

    Untuk Download Aplikasi Yang Bagus untuk Membuat Website, Silakan Kunjungi http://dcrackman.wordpress.com

    Nama Aplikasinya HTML Kit dan Notepad++

    Semoga Bermanfaat




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: