RSS itu apaan sih?

rssJika Anda termasuk orang yang suka dan sering browsing di internet tentunya tak jarang melihat tulisan RSS (coba lihat sisi kanan & kiri blog ni), terutama pada situs-situs berita dan blog yang saat ini sangat berkembang penggunaannya. RSS (Really Simple Syndication) merupakan salah satu teknologi di web yang bisa mempermudah proses browsing pada bagian situs tertentu yang dikehendaki secara  langsung. Jika dalam satu situs atau blog bertuliskan RSS, berarti pada situs tersebut tersedia teknologi RSS.

Pada dasarnya RSS merupakan format pertukaran konten pada sebuah web. Teknologinya sendiri menggunakan format XML, yang mampu menyimpan data dan telah menjadi salah satu standar teknologi web. RSS menyajikan konten yang terkandung pada file XML-nya, yang disebut dengan RSS Feed, RSS Stream, atau RSS Channel. Nah, URL atau alamat RSS Feed inilah nantinya yang dipertukarkan dan menjadi titik tujuan pengaksesan informasi.

Berkeinginan mengakses RSS Feed, pebisnis bisa menggunakan program klien yang lazim disebut Agregator atau RSS Reader, seperti BlogLines, NewsGator, FeedForAll, FeedReader, dan Kagregator.  Semakin dipermudah dengan kehadiran web browser-web browser yang menyediakan fitur pengaksesan RSS ini, Mozilla Firefox misalnya. Begitu juga Google dan Yahoo! Yang telah ikut men-support pencarian konten RSS melalui Google Blog Search dan My Yahoo!.

Seperti ditulis dalam website Wahana komputer, sebuah intitusi pendidikan komputer, RSS menawarkan kelebihan bagi pengelola website maupun pengguna internet. Bagi pengelola website, yang pasti RSS merupakan simbol kedinamisan sebuah website. Data pengakses RSS Feed dapat dipantau melalui utilitas tertentu. Ini tentunya dapat menjadi ajang promosi yang efektif, karena data kontak orang-orang yang berminat dengan isi atau tema situs secara otomatis tersusun.

RSS juga dapat dijadikan sebagai ajang kontak, support pelanggan, pertukaran informasi antar suatu keanggotaan, dan sebagainya. Konten update berita terindex pada search engine, sehingga informasi terbaru dapat tersampaikan via hasil pencarian. Bahkan jika diinginkan, kini tersedia layanan-layanan gratis, seperti blog, yang dapat dimanfaatkan untuk menyajikan berita dalam bentuk RSS.

Sementara bagi pengguna internet, RSS bisa menghemat pemakaian bandwidth, karena akses hanya dilakukan pada headline berita, sedangkan isi berita baru diambil jika pengguna menghendaki. Tanpa banyak usaha informasi dapat diperoleh secara up to date, lengkap, tentunya juga menyingkat waktu pencarian. Karena program klien RSS Reader secara periodik akan memeriksa adanya headline baru dan menampilkannya pada system tray pengguna. Secara otomatis teknologi ini dapat meminimalkan hadirnya sajian atau isi berita yang kurang diminati.



%d blogger menyukai ini: