Tahun 2010 Cakupan WiMAX Diperkirakan Capai 800 Juta Orang

Sekilaf Info ajah, Menjelang Mobile World Congress 2009 di Barcelona, WiMAX Forum mengumumkan bahwa jaringan WiMAX saat ini telah menjangkau 430 juta orang di seluruh dunia. Pada tahun 2010 diperkirakan cakupan WiMAX mencapai hampir 800 juta orang.

Seperti dikutip dari tekno.kompas.com “Jaringan WiMAX telah hadir saat ini dan merupakan katalisator dalam pasar global untuk mengantarkan akses broadband internet 4G bagi negara-negara yang tak sabar menunggu,” kata Ron Resnick, president and chairman WiMAX Forum. Penyebaran jaringan WiMAX global saat ini telah mendekati 460 di lebih dari 135 negara untuk jaringan fixed, portable, dan mobile.

WiMAX forum juga telah mencapai tonggak penting dengan diterimanya WiMAX Forum Certified yang pertama untuk produk-produk mobile 3.5GHz. Samsung dan ZTE Corporation menerima sertifikat persetujuan untuk produk-produk yang memiliki spektrum band 3.5 GHz.

“WiMAX sudah siap-teknologi tepat yang diluncurkan pada saat yang tepat. Tidak perlu menunggu lagi-WiMAX sudah menjadi kenyataan saat ini,” kata Sean Maloney, Executive Vice President Intel.

WiMAX didukung lebih dari 50 produk-produk tersertifikasi. Saat ini lebih dari 35 perusahaan anggota dari WiMAX Forum memproduksi base station WiMAX, 30 perusahaan menyediakan PC Cards, modem USB, Mobile Internet Devices (MID) dan perangkat personal lainnya, 25 perusahaan menyediakan chipsets dan desain referensi, dan enam dari tujuh perusahaan manufaktur perangkat global sedang mengembangkan produk-produk WiMAX. WiMAX Forum memperkirakan bahwa pada 2011 akan tersedia lebih dari 1.000 produk-produk WiMAX yang tersertifikasi di seluruh dunia.

Artikel terkait klik ajah

Sumber : tekno.kompas.com



%d blogger menyukai ini: