Memahami komponen jaringan komputer dan implementasinya. Disini dibahas mengenai hardware ato alat-alat dan software yg dipake dlm membangun jaringan komputer.

Pemilihan hardware yg kurang tepat akan menyebabkan terganggunya komunikasi di dalam jaringan komputer. Pastikan kalo hardware yg dipilih kualitasnya lumayan bagus. Misalnya kabel UTP sebagai media transmisi di toko-toko ada banyak macam dan merek yg dijual pilih aja misalnya Belden Categori 5e dibanding TP-Link masih bagusan Belden (misal ini di Solo lho mas gak ngerti kalo di ndesone sampean).

Untuk software yg dipake dlm jaringan lebih baik pake aja yg paling anda kuasai dan lisensinya. Banyak sopwer yg dipake dlm jaringan komputer seperti microsoft server, xp dll) mikrotik , linux dll. Pelajari dulu sopwernya yg mo dipake ke jaringan kompi anda.

* MEDIA TRANSMISI *

Ini media fungsinya untuk menghubungkan antar komputer secara fisik sbg sarana komunikasi data. Ini dibedakan jadi 3 macam :

  • Media transmisi dengan kabel
  • Media tansmisi tanpa kabel/WiFi
  • Media transmisi dengan satelit (VSAT)

<> Media transmisi dengan kabel <>

Dalam jaringan komputer dikenal dengan 3 macam kabel sebagai sarana komunikasi data, antara lain :

  • Kabel Coaxial (bahas dikit aja yah…)

Bahas dikit aja yah… tipenya RG-6 dan RG-58

Contohnya keq gambar bawah biasanya buat kabel antena (biasanya…)

Coaxial Cable

BNC konektor

 

  • Kabel Twisted Pair

Twisted Pair terdiri 2 jenis kabel :

  1. Unshielded Twisted Pair (UTP)
  2. Shielded Twisted Pair (STP)

Beda keduanya adalah di ada ato tidak adanya lapisan pelindung interferensi. Yang mempengaruhi besar kecilnya derau/noise/nggereng atopun interferensi adalah jumlah annyaman (twisting) dari kabel tersebut. Kabel STP mempunyai lapisan pelindung interferensi tapi harganya mahal, rugi kalo buat RT/RW-Net. Nah kalo RT/RW-Net pake yg murahan dah cukup yang penting konek internet dulu ixixix.

Kabel UTP yang sering digunakan teman-teman saya di jaringan (di Solo lho ya sy gak ngerti kalo ndesone sampeyan pake apa…) adalah kabel UTP Categori 5 (Cat5) keq gini nih…

Well…, cara nyari kabel UTP yg kualitas baik pas beli kabel intinya digesek-gesek dengan amplas / silet atau kater kalo inti kabel tdk berubah warnanya ato tetap warna asli tembaga berarti kabel tersebut baik tetapi jika inti kabel berubah menjadi perak ato luntur.. halah… berarti kabel tersebut kurang mak nyus. Betewe Eniwe Baswe keq nya ini aja ya masalah kabel UTP gak usah byk-byk capek ngetiknya… ixixix.

  • Kabel Fiber Optik

Berhubung kita gak ngebahas kabel fiber optik jadi kita lewati aja yah…

<> Media Transmisi Tanpa Kabel / WiFi (Wireless Fidelity) <>

Well…, yang mo kita ubleg-ubleg yg ini nih… so media ini biasanya disebut wireless atau jaringan nirkabel, yang menggunakan gelombang radio sebagai sarana penyampaian informasi paket data. Wireless merupakan perangkat jaringan yang fleksibel dari perawatan, kerapian dan instalasi infrastrukturnya. Keq gini nih contohnya…

        

<> Media Transmisi dengan Satelit <>

Terlalu tinggi nggak usah dibahas yah… ixixix (saya juga gak ngerti soalnya wekekeke)

***INI SAMBUNGAN DARI ARTIKEL “PEMAHAMAN JARINGAN KOMPUTER”

Bersambung ke…

(HARDWARE untuk Membangun Infrastruktur Jaringan dan Koneksi ke Internet) dan (SOFTWARE untuk Membangun Infrastruktur Jaringan Komputer) jalan masih puanjiang ntar yak…



%d blogger menyukai ini: